Picture
Berbagai jenis pakan yang yang baik dikonsumsi lovebird antara lain: biji – bijian, buah – buahan, dan sayuran. Lovebird juga menyukai beberapa variasi makanan, seperti serangga dan ulat. Maka sebaiknya, pakan yang akan digunakan untuk memelihara lovebird di kandang penangkaran juga harus disesuaikan dengan kebiasaan di habitat asli. 

Pakan pokok untuk lovebird berupa biji-bijian 

Dialam bebas, pakan utama lovebird berupa biji-bijian. Biji-bijian ini berguna untuk melengkapi kebutuhan karbohidrat sebagai sumber tenaga utama bagi lovebird.
Pemberian pakan utama sebagai makanan pokok lovebird perlu dilakukan bisa hendak ditangkarkan atau dipelihara. Pakan utama yang biasa diberikan pada burung ini berupa gabah dan milet.
Pemberian pakan berupa campuran antara milet dengan gabah untuk pakan lovebird dapat dibuat dengan perbandingan 1 : 1. Ditambah lagi, pemberian pakan berupa Canary seed juga bisa dilakukan karena memiliki nutrisi yang lebih bervariasi. Selain itu, pemberian pakan berupa biji bunga matahari, biji fumayin, biji kedelai, biji kacang merah, dan biji kacang hijau dapat dilakukan karena digemari oleh burung ini.
Selain itu, pemberian pakan berupa biji bunga matahari, biji fumayin, biji kedelai, biji kacang merah, dan biji kacang hijau dapat dilakukan karena digemari oleh burung ini. Agar kebutuhan akan vitamin, protein, suhu tubuh tetap stabil, dan sistem metabolisme tetap bekerja normal. 

Lovebird juga makan buah – buahan 

lovebird tidak hanya makan biji – bijian saja, burung ini juga perlu makan buah – buahan dan sayuran segar. 
Pemberian pakan buah – buahan pada lovebird yang ditangkarkan atau dipelihara juga perlu dilakukan. Pemberian pakan tambahan berupa buah – buahan pada burung ini dilakukan secara berkala. Jenis buah yang biasa dijadikan akan untuk lovebird ialah pisang dan papaya. Beberapa jenis buah lain yang bisa diberikan pada lovebird diantaranya anggur, mangga, dan melon. Buah – buahan ini bisa disajikan dengan porsi 2 – 3 kali seminggu. Buah – buahan ini berfungsi sebagai penambah nutrisi bagi lovebird. Harus diketahui bahwa tidak semua buah boleh diberikan untuk lovebird, ada beberapa jenis buah yang beracun, antara lain: alpukat, cokelat, dan buah kopi. Pemberian buah apel, jeruk atau buah – buahan berbiji lain pada lovebird, sebaiknya dibuang bijinya karena beracun. 

Lovebird menyukai sayuran segar 

Jenis sayuran yang bisa dipakai adalah: brokoli, bayam, sawi, kangkung, jagung, mentimun, wortel, dan tomat. Sayuran diberikan secara bergantian, 2 – 3 kali seminggu. Hal ini dimaksudkan agar lovebird mendapatkan variasi nutrisi dari sayur– sayuran tersebut. Pemberian bayam dan kangkung untuk lovebird,sebaiknya hilangkan dulu tangkainya kemudian hanya daun saja yang diberikan. 

Mineral sebagai nutrisi tambahan 

Nutrisi tambahan ini berguna untuk menjaga kesehatan atau sebagai penambah tenaga pada saat tertentu, misalnya: saat mulai kawin. Asinan berguna untuk memperlancar pencernaan serta mencukupi kebutuhan kalsium bagi loveird. Asinan yang biasa digunakan ialah tulang cumi. Dibeberapa peternakan, ada juga yang menggunakan batu bata atau pasir sebagai asinan untuk lovebird. Selain untuk memperlancar pencernaan, asinan dari tulang cumi juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kalsium ini sangat berguna saat proses pembentukan cangkang telur ketika lovebird mulai bertelur. 

Menambah beberapa makanan lain untuk lovebird, diantaranya susu segar. Susu segar ini bisa diberikan pada lovebird seminggu sekali. Multivitamin khusus burung juga bisa dipakai. Saat ini banyak multivitamin burung yang beredar di pasaran. Sebaiknya diusahakan untuk memilih multivitamin khusus untuk burung – burung kecil. Multivitamin ini cukup diberikan kepada lovebird satu minggu sekali atau sesuai dengan yang cercantum di kemasannya.  


 


Comments




Leave a Reply

    Author

    Write something about yourself. No need to be fancy, just an overview.

    Archives

    July 2013

    Categories

    All